TAUKAH KAMU| Sebuah studi terbaru di Australia menyimpulkan, kepribadian lebih dapat dijadikan prediksi kesuksesan pelajar di sekolah ketimbang kecerdasan intelektual. Secara spesifiknya, pelajar yang lebih terbuka dalam pergaulan dan teliti tampil lebih baik daripada pelajar yang hanya mengandalkan kecerdasan intelektualnya.

Riset ini mengukur ciri-ciri kepribadian, yaitu kepercayaan diri, keramahan, ketelitian, dan keterbukaan seseorang yang dihubungkan dengan pencapaian mereka pada ujian. Cara yang dilakukan untuk mengukur kepribadian ini: Pertama, Pelajar mengisi kepribadian mereka sendiri. Kedua, meminta teman atau sahabatnya untuk menilai kepribadian pelajar itu.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Learning and Individual Differences” menunjukkan: Pertama, Penilaian pribadi seseorang memiliki hasil efektif yang sama dengan tingkat kecerdasan yang digunakan untuk memprediksi performa akademis. Kedua, penilaian dari teman/sahabat yang mengenal pelajar tersebut empat kali lebih akurat dalam memprediksi performa akademis ketimbang tingkat kecerdasan.

Menurut Dr, Arthur Poropat dari Griffith University, pelajar dengan kepribadian yang baik akan meraih nilai lebih tinggi ketimbang rata-rata yang diperoleh temannya. Bahkan, pengembangan ketelitian dan rasa ingin tahu oleh pendidik mewujudkan kapasitas belajar yang lebih besar dalam diri pelajar.

Riset ini membuktikan, keterbukaan seseorang sangat berkaitan dengan rasa ingin tahu dan semangat memiliki informasi baru, menentukan kreatifitas seseorang. Selain itu, ketelitian secara konsisten menjadi salah satu faktor utama kesuksesan.

[okezone.com]