Wayan Yeniari (fasilitator), Dekwi (Siswa PP), dan Rastika (Siswa PP) tengah berdiskusi tentang membangun perilaku positif

“Pelatihan LVE ini juga melatih kita menjadi seorang pendengar yang baik dengan (keterampilan) Mendengar Aktif. Ketika kita mendengarkan orang lain dengan baik maka akan terjalin suasana yang akrab, hangat dan nyaman. Dengan situasi kerja yang sangat mendukung maka suatu perusahaan akan cepat maju dan menggapai tujuannya”, demikian ujar Ni Kadek Dwi Darmaniti, siswa Program Profesional 1 Tahun CAMPUHAN College seusai mengikuti Lokakarya LVE untuk Pendidik, 20–22 Januari 2020. Lokakarya ini difasilitasi oleh Ni Wayan Yeniari dan dibantu oleh I Wayan Januarta dan I Gede Supardika sebagai co-fasilitator.

Keceriaan Siswa Program Profesional 1 Tahun CAMPUHAN College selama mengikuti Lokakarya LVE

Siswa yang kerap dipanggil Dekwi ini mengatakan bahwa hal baru dan penting yang diperoleh dari Sesi Kesadaran Nilai adalah bagaimana menjadi orang yang lebih bisa memaknai nilai-nilai dalam suatu peristiwa ataupun ketika melakukan suatu kegiatan. Dekwi kemudian memberi beberapa contoh sederhana bagaimana menemukan nilai dari mengamati lingkungan sekitarnya atau saat berkegiatan dengan teman-temannya. Misalnya dengan mengamati semut yang selalu bekerja sama atau anjing yang setia. Ia juga mencontohkan penerapan nilai kerjasama saat ia dan teman-temannya saling membantu memakai kostum sebelum menari. “Ketika saya selesai makan, sampah saya buang di tong sampah, saya mempraktekkan nilai menghargai lingkungan dari tindakan tersebut. Workshop LVE ini membuat saya jadi lebih sadar nilai-nilai yang ada di sekitar saya”, tambahnya.

Siswa PP bekerjasama dalam kelompok kecil

Siswa yang berasal dari Desa Kemenuh, Gianyar ini berpendapat bahwa Lokakarya LVE ini penting didapatkan oleh siapapun baik secara personal maupun kelompok. Secara tidak langsung ia menjelaskan bahwa jika terus dipraktekkan, LVE dapat membantu seseorang untuk semakin sadar nilai dan mampu merefleksikan nilai-nilai tersebut. Hal itu mendorong terciptanya suasana yang penuh nilai di suatu lingkungan. Sebagaimana diungkapkan sebelumnya, Dekwi yakin bahwa jika suatu perusahaan atau lembaga memberikan pelatihan LVE bagi seluruh stafnya, bukan tidak mungkin setiap orang yang ada didalamnya akan mampu membuat suasana kerja yang damai, penuh cinta kasih, jujur, dan nyaman.

Salah satu kelompok kecil dari siswa PP mempresentasikan Pohon Damai

Kontributor: Ni Kadek Dwi Darmaniti, Elis Huwa, dan Salendri

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment